• Jl. Brigjen Pol Imam Bachri No. 100 - C Kediri

tupoksi

Tupoksi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KOPERASI, USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH KOTA KEDIRI

Sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 6 Tahun 2008 tentang Struktur Organisasi, Tata Kerja Lembaga Teknis Kota Kediri, bahwa Struktur organisasi Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kota Kediri adalah sebagai berikut: 

Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Kediri dipimpin oleh seorang Kepala Dinas, yang membawahi :

  1. Sekretariat, yang terdiri atas : Sub Bagian Umum, Sub Bagian Program, evaluasi dan pelaporan, dan Sub Bagian Keuangan
  2. Bidang Fasilitasi Pembiayaan dan Simpan Pinjam, yang terdiri dari : Seksi Permodalan dan Jasa Keuangan Simpan Pinjam dan Seksi Pengawasan dan Pengendalian Simpan Pinjam.
  3. Bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, yang terdiri dari : Seksi Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dan Seksi Kelembagaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
  4. Bidang Bina Lembaga dan Usaha Koperasi, yang membawahi : Seksi Organisasi dan Tatalaksana Koperasi dan Seksi Pemberdayaan Usaha Koperasi

Sesuai dengan Peraturan Walikota Kediri Nomor 51 Tahun 2013 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Walikota Kediri Nomor 72 Tahun 2008 tentang uraian Tugas Pokok dan Fungsi dan Tata Kerja Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kota Kediri adalah sebagai berikut

1. Dinas Koperasi UMKM Kota Kediri

Tugas

Melaksanakan urusan pemerintahan daerah dibidang koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantuan

Fungsi

  • Penyusunan rencana program tahunan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah;
  • Penyusunan rencana program tahunan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah;
  • Penyusunan kebijakan rencana penanaman modal;
  • Mengadakan bimbingan dan pengawasan kegiatan dibidang koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah;
  • Mengadakan koordinasi dengan instansi/unit kerja yang terkait dan melaksanakan hubungan kerja dengan dunia usaha ;
  • Mengadakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia, koperasi, usaha mikro. Kecil dan menengah;
  • Mengadakan pembinaan dan pengembangan dibidang koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah dalam permodalah dan kemitraan; -Mengadakan pembinaan kelembagaan koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah;
  • Pelaksana pemberdayaan koperasi;
  • Pelaksana pemberdayaan UMKM;
  • Mengadakan monitoring dan evaluasi upaya pemberdayaan koperasi, usaha mikro dalam wilayah daerah;
  • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

Sekretariat

Tugas

Melakukan koordinasi bidang asilitasi pembiayaan dan simpan pinjam, penanaman modal, bidang usaha mikro kecil dan menengah, bidang bina lembaga dan usaha koperasi serta melaksanakan ketatausahaan

Fungsi

  • Melaksanakan koordinasi penyusunan program kerja dinas, pengumpulan dan pengolahan data serta pelaporan dan hubungan kerja;
  • Pelaksanaan pengelolaan keuangan/anggran dinas;
  • Pelaksanaan pengelolaan kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, protocol dan surat menyurat dinas;
  • Pengumpulan dan mensistemasikan data untuk penyusunan anggaran rutin dan proyek;
  • Pelaksanaan pemberdayaan koperasi dan UMKM;
  • Pelaksanaan kelembagaan koperasi;
  • Pelaksanaan penusunan kebijakan penenem modal;
  • Pelaksanaan peningkatan sumber daya manusia koperasi;
  • Pelaksanaan pengawasan, monitoring dan evaluasi kegiatan koperasi dan penanaman modal; dan
  • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai tugas dan fungsinya.

 

Bidang Fasilitasi Pembiayaan dan Simpan Pinjam

Tugas

Melaksanakan bimbingan, pendampingan dan pengelolaan asilitasi pembiayaan dan simpan pinjam bagi koperasi, UMKM. Pembinaan pelatihan teknis untuk pengusaha mikro, kecil dan menengah, ketrampilan pengrajin, permodalan/penenaman modal bagi koperasi, industry kecil, UMKM, pengawasan serta pengendalian simpan pinjam bagi pengusaha mikro, kecil dan menengah.

Fungsi

  • Menetapkan kebijakan penanaman modal;
  • Merumuskan dan melaksanakan kebijakan penanaman modal berupa kerja sama penanam modal, promosi penanaman modal dan pelayanan penanaman modal;
  • Memfasilitasi pelatihan teknis manajemen dan ketrampilan pengrajin untuk koperai, UMKM;
  • Pembinaan dan peningktan produktiitas pengusaha, membangun motivasi disiplin dan etos kerja yang profesionak mengarah pada proses produksi efisiensi, efektif, produksi berkualitas;
  • Memfasilitasi kegiatan distribusi bhan-bahan poko;
  • Mengawasi serta mengendalikan simpan pinjam bagi koperasi, UMKM; dan
  • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Tugas

Melaksanakan bimbingan, pendampingan dalam fasilitasi, ketatausahaan peningkatan pemberdayaan UMKM.

Fungsi

  • Melakukan kegiatan pengumpulan, pengolahan, penyimpanan data guna bahan perumusan dan penjabaran kebijakan teknis, pemberian bimbingan dibidang manajemen kelembagaan/organisasi, manajemen usaha dan manajemen keuangan UMKM;
  • Memberikan usulan dan masukan sebagai bahan penetapan kebijakan pemberdayaan usaha kecil, menengah dalam penumbuhan iklim usaha bagi usaha kecil dan tingkat daerah;
  • Pembinaan dan pengembangan usaha kecil di tingkat daerah;
  • Fasilitasi akses pembiayaan / permodalan bagi usaha kecil, menengah di tingkat daerah;
  • Perumusan pengembangan pola kemitraan dan kewirausahaan; dan
  • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan Kepala Dinas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

Bidang Bina Lembaga dan Usaha Koperasi

Tugas

Melaksanakan pembinaan kelembagan, penataan organisasi, tatalaksana, pendidkan dan pelatihan serta pemberdayaan usaha koperasi.

Fungsi

  • Pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penyiapan bahan perumusan dan penyebaran kebijakan teknis, pemberian bimbingan dibidang orgasisai dan ketatalaksanaan koperasi;
  • Melaksanakan kebijakan kelembagaan koperasi dan pemberdayaan koperasi;
  • Melaksanakan pembinaan, bimbingan teknis, penidikan dan latihan organisasi, tatalaksana dan usaha koperasi;
  • Melaksanakan pengawasan, monitoring dan evaluasi kegiatan organisasi, tatalaksana dan usaha koperasi;
  • Melaksanakan penerangan dan penyuluhan perkoperasian;
  • Melaksanakan proses pendirian, pengesahan akta pendirian, perubahan Angggara Dasar, penggabungan, peleburan dabn pembubaran koperasi;
  • Melaksanakan penilaian pemeringkatan koperasi;
  • Melaksanakan penilaian dan pengusulan koperasi berprestasi dan penghargaan koperasi;
  • Melaksanakan proses dan persetujuan pembukaan kantor cabang koperasi;
  • Melaksanakan monitoring dan evaluasi;
  • Melaksanakan kemitraan koperasi;
  • Menyusun laporan pelaksanaan tugas kelembagaam dan usaha koperasi;
  • Melaksanakan rapat-rapat koordinasi sesuai perintah dan petunjuk atasan;
  • Melaksanakan tugas-tugas dekonsentrasi dan pelimpahan sesuai petunjuk yang diberikan Kepala Dinas; dan
  • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan olej Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 6 Tahun 2008 tentang Struktur Organisasi Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah, dan dalam upaya mewujudkan sistem penyelenggaraan pemerintah sesuai asas-asas umum penyelenggaraan pemerintahan yang baik  dan terpenuhinya hak-hak masyarakat dalam memperoleh pelayanan publik secara maksimal, maka perlu ditetapkan pedoman standart pelayanan  publik Dinas Koperasi UMKM Kota Kediri. Adapun pedoman standart pelayanan publik yang dimiliki oleh Dinas Koperasi UMKM Kota Kediri sebagai berikut:

  1. Standart Pelayanan Publik (SPP) Dinas Koperasi UMKM Kota Kediri
  2. Standart Operating Procedure (SOP) Perkoperasian Pengelolaan KSP/ USP

Copyrights © Dinas Koperasi dan UMKM Kota Kediri